Galaxy Tab Terbukti Tidak Mencontek iPad

Posted: 17 Juli 2012 in Unik

iPad 2 (kiri) dan Galaxy Tab 10.1 (kanan).

Samsung Electronics akhirnya bisa sedikit lebih tenang, setelah berhasil menang di pengadilan terkait tuntutan Apple terhadap Galaxy Tab. Samsung berhasil mengalahkan Apple karena desain Galaxy Tab tidak terbukti mirip dengan iPad.

Hakim Pengadilan Tinggi Inggris Colin Birss menjelaskan, desain Samsung Galaxy Tab mirip dengan Apple iPad jika dilihat dari depan. Namun, detailnya berbeda bila dilihat dari belakang.

“Kedua produk itu tidak memiliki desain yang sama. Galaxy Tab tidak memiliki simplisitas ekstrem dibanding desain iPad. Galaxy Tab juga tidak sekeren iPad. Kesan keseluruhan yang dihasilkan berbeda,” kata Birss.

Pihak Samsung pun menghormati putusan Pengadilan Tinggi Inggris. Meski dikatakan tidak sebagus iPad, Samsung pun bisa membuktikan bahwa produknya merupakan hak kekayaan intelektual mereka.

“Jika Apple terus melakukan tuntutan hukum yang berlebih di negara lain, khususnya tentang desain generik, maka akan membahayakan inovasi dalam industri. Selain itu, pilihan konsumen juga akan terbatas,” kata Samsung dalam pernyataannya.

Kemenangan Samsung terhadap Apple ini muncul beberapa hari setelah Pengadilan AS resmi mengabulkan gugatan Apple untuk melarang penjualan Samsung Galaxy Nexus, meski saat ini Galaxy Nexus pun sudah mulai bisa dijual kembali di Google Play Store.

Kedua perusahaan ini juga terus bersengketa hak paten, khususnya di 10 negara di dunia. Ini membuktikan bahwa memang ada persaingan di pasar perangkat mobile.

Sekadar catatan, kisruh perang paten antara Apple dan Samsung ini sudah berjalan lama. Memang pada April lalu, mantan CEO Apple John Sculley pernah menyatakan bahwa hanya Samsung Galaxy Tab yang menjadi saingan terberat Apple iPad.

Namun, dari beberapa sengketa antara iPad dan Galaxy, kedua produk tersebut memang dianggap memiliki desain berbeda. Pengadilan Negeri Duesseldorf, Jerman, mengeluarkan putusan bahwa tablet Samsung Galaxy Tab 10.1N (dengan huruf N di belakangnya) tidak terlihat mirip iPad.

Di Australia, Apple sempat melarang penjualan Galaxy Tab 10.1 sejak Juli 2011. Namun, Samsung melawannya dengan mengeluarkan iklan menggelitik, yang memanfaatkan kisruh dengan Apple.

source

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s