FLIZ, Sepeda Tanpa Pedal

Posted: 5 Oktober 2012 in Unik

Bike that runs without pedal power

Sepeda dengan desain yang tidak biasa dan aneh ini dibuat di Jerman. Tidak seperti sepeda pada umumnya, sepeda ini tidak memiliki pedal dan dudukan. Pengendara diikat pada sebuah sabuk dan menggerakkan sepeda dengan berjalan atau berlari.

Dinamakan Fliz, untuk mengendarai sepeda ini pengendara mengambil ancang-ancang dengan berlari dan kemudian mengangkat kaki mereka dan berpijak as pada roda belakang. Kemudian momentum akan mendorong pengendara sehingga pengendara dapat mengendarai sepeda tersebut.

Bike that runs without pedal power

Sepeda ini diciptakan oleh Tom Hambrock dan Juri Spetter, keduanya berasal dari Jerman. Sepeda ini telah mendapatkan penghargaan tahunan dari Dyson James Award atas teknologi, inovasi dan desain.

Fliz berasal dari bahasa Jerman “flizen” yang berarti bersepeda dengan kaki. Konsep ini mengutamakan kesehatan, mobilitas ekologi di ruang urban yang penuh sesak. Rangka sepeda ini memiliki lima titik yang mampu menyediakan kenyamanan, ergonomis antara berjalan dan bersepeda. Sabuk menggantikan dudukan sepeda dan akan menyesuaikan posisi pengendara.

Bike that runs without pedal power

Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Karl Drais dari Jerman pada tahun 1817. Dikenal dengan nama Velocipede, tim mahasiswa desainer Fliz ingin menghidupkan kembali prinsip sepeda ini, akan tetapi dibuat dengan kemasan yang lebih modern dengan beberapa tambahan keunggulan.

Tim ini bahkan menguji replika dari konsep sepeda Drais untuk menganalisis kelemahan konsep Drais seperti keamanan pada kemudi dan dudukan pengendara yang terlalu besar.

Prototipe sepeda Fliz terbuat dari kayu dan tekanan pada sabuk yang telah diuji. Dyson Award telah menghadiahkan penghargaan uang sebesar 10.000 poundsterling. Hambrock dan Spetter juga telah memenangkan penghargaan Merit Award pada International Cycle Show di Taipei pada tahun ini.

 

Bike that runs without pedal power

 

Bike that runs without pedal power

 

Via: Daily Mail

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s