Tips Menghindari Virus Komputer

Posted: 12 Maret 2012 in Keamanan Komputer

Tips trik menghindari virus komputer

Virus semakin lama semakin merajalela, menjaga agar komputer tetap bersih dari virus itu adalah suatu keharusan bagi kita yang ingin kondisi PC kita lebih optimal dan nyaman digunakan.

Berikut 9 Tips artikel Keamanan Komputer :

1. Gunakan AntiVirus

Tentu saja ini yang paling penting. Mau nggak mau anti virus seperti seorang satpam yang akan mencegah berbagai macam virus. Oh ya! Jika ndak punya duit jangan gunakan antivirus bajakan…gunakan antivirus gratis saja. Tidak kalah hebat kok dalam membasmi virus internet.

namun yang perlu anda ingat ialah “teknologi virus itu selalu lebih maju dibandingkan antivirusnya”

2. UPDATE!

Jangan lupa untuk selalu mengupdate apapun demi keamanan komputer. Bukan hanya anti virus saja yang diupdate. SEMUANYA! baik itu Operating Systemnya, Software yang terinstall maupun driver. Tidak ada perangkat lunak atau software yang sempurna..pasti ada sebuah celah keamanan. Jangan percaya programmer yang berkata “Software saya sepurna dalam keamanan komputer”

Untuk menutup lubang keamanan itu kita harus update dan update. Karena virus internet juga selalu update dan update.

3. Hati-hati saat browsing

Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan dsb). Jika tidak mau terkena virus ya jangan mengunjunginya. Ini cara terbaik dalam mencegah virus komputer.

Tapi saya tahu anda sudah kecanduan dengan situs semacam itu. Maka daripada itu jika ada peringatan dari browser anda, lebih baik acuhkan saja situs tersebut. Atau saat berkunjung ke website itu muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall sesuatu..sudah acuhkan saja.

Berhati-hatilah biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti sedang memberikan hadiah kepada anda. Kenyataanya itu adalah sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputer.

4. Selalu scan file yang di download

Apapun file yang anda download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya. Itu Harus tetap diSCAN pakai anti virus. Contohnya setelah anda mendownload ebook gratis, apa anda yakin ebook itu bebas kuman eh maksudnya bebas virus ????? Atau saat mendapatkan script gratis..apa benar script itu benar-benar aman.

Mencegah itu selalu lebih baik daripada mengobati soo..berhati-hatilah.

5. Hati-hati email

Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui email. Apalagi jika mendapat email yang berisi file seperti EXE, VBS, BAT. Ditambah itu dikirim oleh orang asing…bisa-bisa virus internet itu mematikan komputer lalu reboot dan muncul pesan “Selamat Harddisk anda kapasitasnya bertambah ”. Gimana nggak bertambah, kan semua file dihapus.

6. Sering – seringlah memeriksa program yang berjalan di task manager.

Seperti yang kita tahu,task manager merupakan aplikasi bawaan windows yang fungsinya secara umum menampilkan suatu proses yang sedang berjalan di memori,cara menampilkan task manager yaitu dengan klik kanan pada taskbar lalu pilih Start task manager,jika sudah muncul lalu pilih tab Processess,disitu banyak sekali proses yag sedang berjalan di memori, jika anda sekalian sudah mahir mungkin sudah hafal atau mengerti dari setiap task tersebut, nah virus biasanya bisa kita deteksi melalui task manager, dan jika cara terampuh yang harus dilakukan ialah dengan menghentikan proses tersebut dengan cara klik task yang ingin dimatikan lalu klik tombol End Process.

7. Mematikan fitur AutoRun / AutoPlay

Virus sebagian besar memanfaatkan fitur ini untuk menginfeksi komputer korban sekaligus untuk menggandakan dirinya. Kita bisa mematikan fitur ini melalui Local Group Policy Editor, caranya tekan tombol windows + R lalu ketikkan gpedit.msc pada textbox lalu enter. Jika sudah muncul anda harus menuju Computer Configuration lalu pilih Windows Component kemudian klik AutoPlay Policies, nah disitu ada menu Turn off autoplay, klik 2x pada menu tersebut lalu ubah menjadi Enabled kemudian lakukan langkah seperti ini pada User Configuration.

8. Memeriksa StartUp Windows

StartUp merupakan kumpulan suatu program yang dapat berjalan secara otomatis jika komputer baru saja dihidupkan (ketika LogOn) di dalam start up kita bisa melihat,menghapus maupun menambah program yang ingin kita jalankan secara otomatis, namun sialnya virus juga memanfaatkan fitur ini, nah untuk melihat program apa saja bisa kita lihat ada start menu di folder “Startup” jika anda ingin lebih akurat bisa langsung di cek pada System Configuration di tab StartUp.

9. Menghapus folder $RECYCLE pada flash disk

Flashdisk merupakan media bagi virus untuk penyebaran dirinya, jika di flashdisk anda terdapat folder $RECYCLE anda harus segera menghapusnya, jika anda ingin membukanya, buka saja dan lihat di dalam folder itu. Selain itu jika menemukan shortcut pada flashdisk anda,segera hapus, dan jangan membuka/klik shortcut tersebut.

Manfaat komputer itu memang banyak sekali. Tapi disaat bersamaan juga muncul hal-hal yang merepotkan yang sering membuat kita merasa terganggu.

Semoga tips trik menghindari virus komputer ini bermanfaat bagi anda

Beri Komentar Disini