Opus: Penantang Baru MP3 & AAC

Posted: 5 Oktober 2012 in Artikel

Opus Codec Quality vs Bitrate

Opus adalah audio codec terbaru yang kualitasnya diklaim mampu mengungguli kualitas MP3 dan AAC terutama pada bitrate yang rendah. Opus juga diklaim memiliki latency nya yang rendah: 20 ms, yang membuatnya cocok untuk komunikasi telepon, videokonferensi, chatting, dan live radio digital tanpa gangguan patah-patah seperti pada audio codec lainnya.

 

Opus Codec Comparison

Opus sendiri adalah hasil penggabungan dari dua teknologi audio codec, yaitu SILK milik Skype dan CELT milik Xiph.Org Foundation yang juga dikenal sebagai pembuat audio codec Vorbis/OGG. Oleh karena itu Opus bersifat open format yang bebas dari royalti.

Selain Skype, Opus juga didukung oleh Mozilla dengan menyertakan decoder-nya pada Firefox mulai versi 15 ke atas sedangkan apabila Anda ingin memutar file Opus, Anda bisa menggunakan foobar2000 versi terbaru maupun VLC versi terbaru.

Kami tertarik dengan klaim Opus yang menyebutkan bahwa Opus mampu menghasilkan kualitas baik pada bitrate yang rendah (48 Kbps kebawah) sehingga kami memutuskan untuk mengetesnya. Hasilnya, kami masih menemukan sedikit gangguan suara pada jenis-jenis audio tertentu. Namun, terlepas dari hal itu kami berharap bahwa Opus akan menjadi semakin baik di masa depan.

Opus Codec binary dapat di download disini

 

Via: Wikipedia, Opus Codec

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s