Mengetahui Lebih Jauh tentang Proses Svchost.exe di Windows

Posted: 25 Desember 2012 in Artikel

Saat Anda membuka task manager, Anda akan melihat berbagai jenis proses aplikasi yang Anda ketahui. Namun, tak sedikit juga proses yang tidak Anda ketahui. Dan, salah satu proses yang kurang banyak muncul namun tidak banyak orang yang mengetahuinya adalah Svchost.exe.

 
Pertama yang perlu diperhatikan, Svchost.exe bukanlah sebuah malware, virus ataupun aplikasi yang membahayakan komputer Anda. Svchost.exe ini merupakan Host Process Microsoft Service untuk layanan yang berjalan dari link library dinamis.

Lebih mudahnya, Svchost.exe ini adalah file sistem yang memungkinkan Windows untuk menjalankan sebuah aplikasi. Banyak aplikasi berjalan via file DLL (Dynamic Linked Lybrary). Namun, file DLL tidak bisa berjalan dan bekerja secara sendiri. Oleh karena itu Windows membutuhkan sebuah jembatan untuk meluncurkan DLL tersebut. Dan Svchost.exe berfungsi sebagai jembatan tersebut.

Selain itu, Svchost.exe juga akan tampak memiliki banyak proses jika Anda mengamatinya di Task Manager. Hal ini karena masing-masing proses memiliki fungsi tersendiri. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan sistem.

Terkadang Anda mungkin akan menemukan proses Svchost.exe yang berjalan pada sistem. Selain itu, terkadang Anda juga bakal menemukan proses ini berjalan pada jaringan. Dan, hal itu normal.

source

Komentar
  1. Lillia Skweres mengatakan:

    We’re a group of volunteers and opening a new scheme in our community. Your website offered us with valuable info to work on. You have done a formidable job and our entire community will be thankful to you.

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s