Cara mengamankan Windows XP & 7

Posted: 27 Juni 2012 in Keamanan Komputer

Hmm..kali ini saya akan membahas cara mengamankan sistem operasi Windows XP dan Windows 7 secara garis besar. Mungkin ada yang berpendapat bahwa Windows sangat rentan sekali dengan yang namanya serangan hacker, cracker, virus,spyware, malware termasuk pula worm dan trojan.
Nah, untuk yang pertama saya akan membahas cara mengamankan sistem operasi Windows XP


1. Menggunakan Password BIOS
Cara ini merupakan cara yang aman, karena dapat memproteksi computer agar tidak bisa dipergunakan seenaknya oleh orang lain, selain itu, password bios akan memproteksi pengaturan-pengaturan yang berisi informasi salah satunya mengenai BIOS. Jika komputer anda sudah terpasang deep freeze, cara ini sangat lah berguna karena jika seseorang ingin melakukan hacking terhadap deep freeze maka orang itu akan menemui hambatan, karena BIOS sudah terpasang password.
2. Aktifkan firewall
Firewall memiliki peran yang sangat penting dalam keamanan sistem operasi, karena firewall sendiri untuk me-remote port-port yang terbuka, karena pada umumnya port yang terbuka akan menjadi jalan masuk bagi si hacker, virus, spyware, dll apalagi jika port-port itu tidak terproteksi.

3. Matikan service yang tidak diperlukan
Tujuannya ialah meminimalisir ancaman-ancaman yang mungkin terjadi, karena biasanya suatu program jahat akan membuat service tersendiri yang akan berjalan secara otomatis ketika computer dihidupkan.
4. Gunakan NTFS pada harddisk
Hal ini dilakukan agar anda sebagai administrator dapat menggunakan fasilitas permission untuk mengatur user dalam hal pembatasan hak akses. Fasilitas permission ini hanya di dapat jika menggunakan NTFS, jika menggunakan FAT atau FAT32 mungkin tidak ada.

5. Gunakan AntiVirus terbaru
Sepertinya ini sudah tidak asing lagi, namun biar begitu peran antivirus sendiri amatlah penting, karena pada dasarnya cara kerja antivirus ini akan memfilter file, proses di task manager, email, website berbahaya, hingga mendeteksi ancaman-ancaman lain yang tidak kita ketahui. Biasanya antivirus terbaru akan memiliki fasilitas tambahan, seperti spyware, rootkit, link scanner, email protection serta identity protection.

Hmm..saya rasa hanya segitu, jika ada lagi saya akan menambahkannya lagi..
Untuk yang kedua, ini akan membahas tentang cara mengamankan sistem operasi Windows 7

1. Gunakan Windows Defender
Windows defender sudah ada ketika menginstal windows, namun kita pastikan apakah sudah aktif apa tidak. Manfaat dari windows defender ini antara lain mencegah spyware & virus yang akan menginfeksi sistem operasi serta mencegah software berbahaya.

2. Aktifkan UAC
Tujuan dari UAC atau User Account Control ini akan meminta  izin kepada anda sebagai Administrator sebelum menginstal perangkat lunak atau membuka jenis program tertentu yang berpotensi membahayakan computer Anda atau membuatnya rentan terhadap ancaman keamanan.

3. Backup
Ini bertujuan mengamankan file-file serta dokumen penting lainnya dari bahaya di masa akan datang yang kemungkinan akan terjadi kehilangan atau kerusakan pada file file tersebut yang diakibatkan oleh virus, program error maupun human error itu sendiri.

4.Aktifkan Firewall
Ini sama pentingnya dengan sistem operasi windows XP. Firewall ini untuk membantu mencegah hacker dan perangkat lunak berbahaya yang tidak diinginkan. Biasanya perangkat lunak ini diam-diam mengakses internet untuk mengirimkan hasil data-data curian kepada si pembuat software.

5. Matikan fasilitas Automatic Updates
Jika anda menggunakan Windows bajakan, ada baiknya untuk mematikan fasilitas Automatic Updates ini, namun saya sarankan agar menggunakan Windows asli, selain menguntungkan juga dapat up to date mengenai security windows serta update-update terbaru dari microsoft.

Iklan

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s