Menyembunyikan Drive dari MyComputer

Posted: 26 Juni 2012 in Keamanan Komputer

Oke..kali ini saya akan membeberkan sedikit trik untuk menyembunyikan drive agar menghilang dari my computer yang artinya tidak dapat diakses oleh siapapun termasuk orang-orang jahil yang suka membuka tutup folder untuk mencuri data, termasuk film dan musik kesukaan J. Sebelumnya saya juga sudah memposting tentang ‘cara mengamankan folder pribadi’, namun jika anda menginginkan untuk menyembunyikan seluruh data yang ada di dalam satu atau lebih drive anda bisa mengunakan trik berikut.

Nah, sedikit trik berikut dapat mengamankan seluruh data yang ada di dalam drive, yang perlu anda ketahui pertama kali ialah memastikan semua data yang ingin di amankan sudah masuk di dalam drive yang akan disembunyikan serta sedikit pengalaman dan pengetahuan tentang sistem registry sudah cukup membantu karena disini kita akan sedikit mengotak-atik sistem registry, selanjutnya anda masuk ke menu Run, caranya klik Start Menu > Lalu klik Run atau anda juga bisa menekan tonbol Windows + R pada keyboard agar bisa mengakses menu Run dengan singkat.

Setelah itu ketikkan regedit lalu enter. Setelah itu akan muncul Registry Editor,disini anda akan menemukan 5 bagian sangat penting pada sistem Registry dan yang terpenting ialah jangan mengubah sembarangan karena sedikit saja kesalahan akan berakibat fatal..!! L

Masuk ke alamat HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer

Pilih menu Edit > New > DWORD Value dan beri nama NoDrives, ini bertujuan untuk membuat key baru namun jika sudah ada anda tidak perlu lagi membuatnya, cukup mengubah value datanya.

Klik Ganda pada NoDrives yang baru saja Anda buat lalu masukkan nilai value data sesuai Drive yang ingin anda sembunyikan misalya, anda ingin menyembunyikan drive C maka masukkan angka 4 pada value data.

Berikut ini nilai value data dari setiap drive yang digunakan untuk menyembunyikan drive tertentu :

  • Drive A value data 1
  • Drive B value data 2
  • Drive C value data 4
  • Drive D value data 8
  • Drive E value data 16
  • Drive F value data 32
  • Drive G value data 64
  • Drive H value data 128
  • Drive I value data 256
  • Drive J value data 512
  • Drive K value data 1024
  • Drive L value data 2048
  • Drive M value data 4096

Jika anda pahami betul, bahwa nilai value data di atas untuk setiap drive ini adalah kelipatan. Jadi anda akan mudah mengingatnya.

Untuk mengembalikan drivenya lagi agar muncul, anda cukup masuk pada alamat tadi, yaitu HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer , lalu hapus key NoDrives yang dibuat tadi atau masukkan nilai 0 pada value data. Cukup mudah bukan? Dan tentunya tanpa menginstal software apapun.

Semoga sedikit trik tersebut bermanfaat bagi anda.

NB : Jika tidak ada perubahan dalam menyembunyikan atau mengembalikan drive coba anda lakukan restart/log off terlebih dahulu.

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s