Menggerakkan Robot dengan Pikiran

Posted: 9 Oktober 2012 in Unik

Robot Pikiran

Dr Leigh Hochberg, engineering professor dari Brown University dan ahli saraf dari Rumah Sakit Umum Massachusetts memiliki ide untuk dapat menggerakkan robot dengan menggunakan pikirian. Saat ini Dr Leigh mengembangkan teknologi yang dapat memungkinkan hal tersebut.

Percobaan pertama kali dilakukan pada Cathy Hutchinson, pasien berkebutuhan lebih yang menderita kelumpuhan dari leher ke bawah. Percobaan ini mampu memperlihatkan bahwa Cathy dapat menggerakkan lengan robot yang menggengam secangkir kopi hingga dapat meminum kopi tersebut. Peristiwa ini adalah pertama kali sejak 15 tahun terakhir dia mampu meminum kopi tanpa bantuan orang lain. Sebelum menjalani percobaan ini Cathy Hutchinson harus menjalani implant selama lima tahun.

Penelitian sebelumnya oleh tim Dr Leigh Hochberg membuktikan bahwa pasien yang menderita kelumpuhan mampu mengendalikan kursor komputer dengan pikiran mereka. Sebelum penelitian ini dilakukan, penelitian serupa pernah dilakukan oleh ahli neuro dari Duke Medical Center yang menunjukkan bahwa seekor kera mampu menggerakan lengan robot dengan pikiran mereka.

Teknologi yang dinamakan BrainGate Interface ini memang masih jauh pada tahap penggunaan secara lebih luas, akan tetapi sejauh ini teknologi yang mampu menerjemahkan pikiran telah berhasil dikembangkan.

Via: popsci

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s