Hacker Punya Potensi Untuk Hack GSM

Posted: 22 Agustus 2012 in Keamanan Komputer

mobile hacking Hacker punya potensi untuk hack GSM

Teknologi GSM atau yang disebut juga dengan (Global System for Mobile Communications) yang telah banyak di gunakan oleh handphone hampir di seluruh dunia ini ternyata memiliki resiko tinggi untuk di hack. Pada sebuah Black Hat security conference para security researcher baru baru ini menemukan celah baru dan program baru yang dapat mengcrack sinyal GSM dengan mudah dan lebih cepat, software ini disebut dengan Kraken, dan software ini mampu dan sangat efisien untuk meng crack algoritma enkripsi A5/1 yang digunakan oleh beberapa jaringan GSM.

blackhat Hacker punya potensi untuk hack GSM

BlackHat

Dengan mampunya kita melakukan crack pada enkripsi ini maka kita dengan mudah dapat mencuri pembicaraan yang dilakukan seseorang melalui jaringan GSM dengna handsetnya. Semenjak jaringan GSM menjadi backbone untuk jaringan 3G, hal ini juga menyebabkan sang cracker dapat menggunakanya langsung pada handset handest yang canggih seperti android dan iphone.

Yang perlu kita lakukan adalah hanya membuat alat ‘radio listening‘ untuk dapat membaca dan mengakses sinyal GSM,  walaupun teknologi semacam itu belum ada, namun teknologi tersebut pasti akan hadir dalam waktu dekat. Bahkan dengan menggunakan mobile phone murah yang dimodifikasi juga memungkinkan untuk melakukan hal ini, ditambah lagi dengan menggunakan open-source software yang disebut dengan OsmocomBB. Hacker saat ini kebanyakan mereka menggunakan alat Universal Software Radio Peripheral (USRP) yang lebih mahal dengan menggunakan program Airprobe.

Saat ini, setidaknya terdapat 3.5 milyar pengguna handset GSM menurut data dari asosiasi GSM. Namun tidak semua handset ataupun jaringan yang menggunakan A5/1 encryption — beberapa sudah menggunakan jaringan yang lebih secure yaitu algoritma A5/3 bahkan yang lainya juga ada yang tidak menggunakan encryption sama sekali, namun dalam persentase yang sangat kecil.

source

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s