Masa Depan Game Console: Gaming In The Cloud

Posted: 5 Oktober 2012 in Unik

Sony Gaikai

Beberapa hari yang lalu Sony Computer Entertainment (Playstation) telah mengumumkan membeli Gaikai, sebuah layanan game berbasis cloud dengan menghabiskan dana sebesar  $380 juta. Gaikai merupakan sebuah teknologi servers stream video games yang akan mengirimkan high end game dan aplikasi kepada perangkat connected video capable seperti PC, digital TV, komputer tablet dan perangkat smart mobile.

Teknologi ini memungkinkan bermain Alan Wake atau Mass Efect 3 melalui Web Browser atau bahkan Facebook. Semua proses dimana game console konvensial lakukan terjadi jauh di luar sana. Pada saat Gaikai bekerja, pada dasarnya kita bermain game dengan kabel yang sangat panjang yang mungkin melampaui batas kota ataupun negara.

gaikai cloud

Dengan akusisi ini,  dapat diperkirakan bagaimana masa depan game console. Teknologi yang dimiliki Gaikai dan Sony memungkinkan kita tidak perlu membeli game console yang baru. Cukup dengan streaming melalui perangkat PS4 atau bahkan PS3 kita dapat melakukan hal yang sama pada perangkat PS5, PS6, atau PS7. Akhir dari sebuah perangkat keras, dan akhir dari game console, setidaknya bukan dalam waktu dekat ini.

Teknologi Gaikai ini tidak akan membuat sebuah perangkat keras menjadi cepat usang. Yang dibutuhkan adalah koneksi internet yang stabil dan kecepatan internet yang tinggi. Untuk dapat menikmati permainan Gaikai diperlukan koneksi internet sebesar 5+ megabits (downstream), akan tetapi beberapa demo game dapat berjalan pada koneksi internet sebesar 3 megabits.

Via: kotaku.com

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s