Kapsul SpaceX Selesaikan Misi Pertama

Posted: 29 Oktober 2012 in Artikel

Kapsul SpaceX Selesaikan Misi Pertama

Kapsul SpaceX yang belum diberikan nama membuat pendaratan dengan selamat di Pasifik pada Minggu, setelah berhasil mengirimkan muatan komersial yang pertama ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Kapsul dengan parasut tersebut masuk ke dalam perairan pada pukul 1922 GMT setelah sebuah misi yang berlangsung selama 18 hari untuk kembali menyuplai stasiun tersebut dan saat ini ditemukan oleh satu tim penyelam, ujar SpaceX yang berbasis di AS dalam sebuah pernyataan singkat dalam situsnya.

Misi, yang pertama dari 12 perjalanan yang direncanakan dalam kontrak SpaceX yang bernilai 1,6 miliar dolar Amerika (sekitar Rp15,3 triliun) dengan lembaga antariksa NASA AS, merupakan tonggak berbagai upaya Amerika untuk memprivatisasi industri luar angkasa, yang bertujuan untuk mengurangi biaya dan menyebarkan mereka di antara kelompok yang lebih luas dibandingkan hanya pemerintahan saja.

Kapsul tersebut mengirimkan sekitar 450 kilogram kargo ke stasiun antariksa dan membawa 1.670 suplai, perangkat keras, uji ilmiah dan hasilnya.

Sebelumnya pada Minggu, seorang astronout yang mengambang di atas kapal laboratorium terpisah dan merilis kapsul dengan menggunakan sebuah lengan robotik, mengirimkannya kembali ke bumi.

Dimiliki oleh wakil pendiri Elon Musk, miliarder Paypal, SpaceX merupakan salah satu dari beberapa perusahaan swasta yang bekerja dengan lembaga antariksa AS untuk mengirim penerbangan ke dan dari ISS, namun SpaceX merupakan yang pertama yang mulai beroperasi.

Penerbangan SpaceX berikutnya dijadwalkan pada awal Januari 2013.

NASA bergantung pada pesawat luar angkasa Rusia pada tahun lalu, setelah memensiunkan armada pesawatnya, namun pesawat Soyuz tidak memiliki ruang untuk kargo pada penerbangan kepulangannya.

source

Komentar
  1. grosir baju bayi mengatakan:

    Wow, wonderful blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your web site is fantastic, let alone the content!. Thanks For Your article about Kapsul SpaceX Selesaikan Misi Pertama Secarik Kertasâ„¢ .

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s