Bilangan Prima Terbesar 17 Juta Digit

Posted: 28 Februari 2013 in Artikel
Bilangan prima apa yang terbesar di dunia untuk saat ini? Jawabannya: Tak terbayangkan. Karena untuk mengetahuinya, kamu harus menelusuri angka-angka sebanyak 17 juta digit. Tepatnya 17,425,170 digit…Wow!

redorbit.com
Penemuan ini ditemukan oleh seorang sukarelawan bernama Dr. Cooper dari University of Central Missouri. Dan jika kamu penasaran bagaimana cara Dr. Cooper menemukan angka langka yang nauzubillah panjangnya ini, semua berkat software bernama Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS), sebuah software yang sejauh ini sudah menemukan sebanyak 14 bilangan prima mersenne (bilangan prima langka yang bisa ditulis dalam rumus Mp = 2n-1) dari total 48 yang sudah ditemukan sejauh ini.

Memakai GIMPS, komputer milik Dr. Cooper membutuhkan waktu sebanyak 39 hari untuk menemukan angka tersebut. Hasilnya sendiri sudah di verifikasi oleh beberapa super komputer yang memiliki lusinan core dengan memakan waktu 4 hingga 7 hari.

Berapa banyakkah angka sebanyak 7 juta digit itu? Menurut Marsenne.org, angka itu cukup banyak untuk mengisi 28 lembar halaman pada buku novel, dan jika disimpan dalam bentuk digital, hasilnya adalah sebuah halaman teks berukuran 22,4 Megabyte dan 9,56 Megabyte jika dikompresi. Berkat penemuan ini, Dr. Cooper berhak mendapatkan hadiah sebesar $3000 dari Mersenne.org.
Sumber:
idbite

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s