Apple Kalah Dalam Sengketa Nama iPad di China

Posted: 17 Juli 2012 in Artikel

Beijing (AFP/ANTARA) – Raksasa teknologi Amerika Serikat, Apple, membayar 60 juta dolar Amerika (sekitar Rp 568,80 miliar) kepada sebuah perusahaan China dalam rangka penyelesaian sengketa panjang karena merek dagang iPad di negeri itu.

Badan pemerintah yang mengawasi merek dagang diminta untuk segera mengakui hak-hak Apple untuk nama iPad, Pengadilan Tinggi provinsi Guangdong mengatakan dalam sebuah pernyataan di situsnya pada Senin.

Apel pekan lalu membayar 60 juta dolar Amerika untuk menyelesaikan perselisihan tersebut, menurut pernyataan itu.

“Ini berarti bahwa sengketa Apple dan Shenzhen Proview atas merek iPad diselesaikan secara memuaskan,” kata pernyataan itu.

Proview Technology, yang berbasis di kota Shenzhen, terlibat dengan permasalahan hukum dengan Apple atas kepemilikan hak merek dagang “iPad” di China, yang diklaim keduanya sebagai milik mereka.

Proview Technology mendaftarkan merek dagang “iPad” di beberapa negara termasuk China pada awal 2000, beberapa tahun sebelum Apple mulai menjual komputer tablet yang sangat sukses itu.

Apple kemudian membeli hak untuk merek dagang global, tetapi Proview mengatakan kesepakatan itu tidak berlaku untuk China daratan.

Raksasa teknologi AS itu tahun lalu membawa Proview ke pengadilan di China, mengklaim pelanggaran merek dagang, tetapi pengadilan memutuskan Apple tidak memiliki “fakta pendukung dan bukti” atas tuduhan tersebut.

Apple sangat populer di China, di mana penggemar berat brand itu rela berbaris selama berhari-hari untuk mendapatkan penawaran terbaru.

China, yang mencakup Hong Kong dan Taiwan, telah menjadi pasar penjualan Apple yang paling cepat berkembang, dengan pendapatan kedua setelah Amerika Serikat.

Pejabat Apple tidak berkomentar mengenai pengumuman tersebut.

source

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s