Microsoft Tuding Firefox dan Chrome Tidak Aman

Posted: 28 Juli 2012 in Keamanan Komputer

Microsoft merilis sebuah situs web yang sejatinya bertujuan mulia, yaitu mengarahkan pengguna untuk lebih paham soal keamanan web browser. Namun, situs web ini justru “menyerang” para kompetitor web browsermilik Microsoft, Internet Explorer (IE).

Pada situs web your browser matter ini Anda dapat menguji seberapa aman web browser yang sedang Anda gunakan. Selain itu, terdapat berbagai informasi tentang keamanan web browser. Mulai dari penjelasan apa itu malware, bagaimana browser terhindar dari serangan malware, dan pentingnya menggunakan browser dengan versi terbaru, sampai dengan penjelasan detail bagaimana mengamankan browser dari berbagai serangan yang berasal dari internet.

Selain menampilkan informasi berguna di atas, situs web ini menampilkan nilai hasil uji Mozilla Firefox dan Google Chrome yang “hanya” mendapatkan nilai 2 dan 2,5 dari nilai maksimum 4. Sementara IE9 mendapatkan nilai sempurna (4) saat diuji di situs web ini. Meski untuk IE versi lain nilainya jeblok, IE7 hanya dapat nilai 1 dan IE6 tidak dapat nilai sama sekali.

Untuk browser Opera dan Safari, saat dicoba oleh Kompas.com, keduanya diberi nilai 0 pun tidak. Entah karena kedua browser ini belum support atau memang nilainya yang sangat jelek—setara IE6.

Dengan menampilkan nilai uji yang “kurang baik” dari Firefox dan Chrome, secara tidak langsung Microsoft menyatakan bahwa kedua browser saingannya itu tidak aman untuk digunakan.

Pihak Firefox langsung menanggapi hasil tes ini dengan mengatakan bahwa situs web uji browser Microsoft ini justru tidak menyertakan poin-poin penting yang sebenarnya harus diuji, yaitu teknologi keamanan HSTS, tools privasi Do Not Track, dan waktu respons vendor browser saat lubang keamanan ditemukan. Hal ini dikemukakan langsung oleh Johnathan Nightingale, direktur teknik Firefox.

source

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s