Singkirkan HP, Lenovo Kuasai Pasar PC Dunia

Posted: 1 November 2012 in Artikel

foto

Pabrikan PC asal Cina, Lenovo, berhasil menyingkirkan Hewlett-Packard sebagai pembuat PC nomor wahid di dunia. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh perusahan riset Gartner, sebagaimana dikutip oleh BBC pada Kamis, 11 Oktober 2012, Lenovo menduduki peringkat pertama sebagai perusahaan PC dengan pangsa pasar terbesar di dunia pada kuartal ketiga tahun ini.

“Pemotongan harga yang agresif membantu perusahaan itu mendapatkan pangsa pasar yang besar,” kata laporan tersebut. Tidak hanya itu, laporan juga menyebutkan bahwa Lenovo adalah satu-satunya produsen PC yang mampu meningkatkan penjualannya di Amerika Serikat pada kuartal ketiga ni.

Berdasarkan riset Gartner, sebanyak 13,8 juta unit PC Lenovo telah terjual pada kuartal ketiga tahun ini atau menguasai 15,7 persen pangsa pasar PC dunia. Sementara HP terjual sebanyak 13,55 juta unit atau menguasai 15,persen pasngsa pasar dunia. Kondisi ini membalik keadaaan. Sebab, pada kuartal-kuartal sebelumnya HP masih memimpin pangsa pasar PC dunia. Dan urutan ketiga dalam grafik Gartner adalah Produsen Dell yang mampu menjual 9,22 juta unit PC atau menguasai 10,5 persen pangsa pasar.

Beberapa analis mencoba memberikan jawaban atas fenomena tersebut. Menurut analis dari Frost & Sullivan, Andrew Milroy, Lenovo telah menjadi salah salah satu produsen PC dengan kualitas produk terbaik saat ini sehingga memungkinkan peusahaan itu menguasai pangsa pasar PC dunia. “Hanya menunggu waktu sebelum Lenovo menjadi produsen PC terbaik di semua grafik,” kata Milroy.

Berbeda lembaga riset, berbeda pula hasil penelitiannya. Data dari perusahaan riset IDC menempatkan HP sebagai produsen dengan pangsa pasar terbesar di dunia. Laporan IDC menunjukkan, sebanyak 13,9 juta unit PC Hp telah terjual di seluruh dunia, menang tipis dibandingkan Lenovo yang terjual sebanyak 13,8 uta unit. Sedangkan urutan ketiganya diisi oleh produsen PC Dell dengan penjualan 9,5 juta unit atau mengasai 10,8 persen pangsa pasar dunia.

source

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s