Beberapa Nama Aneh TLD yang Akan Digunakan, Termasuk dot-WTF??

Posted: 5 Oktober 2012 in Unik

Domain name illustration

Dalam dunia web domain terdapat dua bagian penting: 1. Nama Domain itu sendiri (seperti mobgenic) dan Top Level Domain (seperti “com”). Top Level Domain (TLD) dipecah menjadi dua kategori: “generik” (gTLD) seperti com, net, org, biz dan sebagainya. Kemudian kode negara (ccTLD) seperti uk, jp, tv (Tuvalu) dan sebagainya.

Ketika kita menulis alamat suatu web pada browser, browser akan mencari situs dengan menggunakan TLD (“.com” ), dan kemudian nama domain (“mobgenic”), dan kemudian akan menghubungkan kepada situs. Semua hal teknis ini terjadi di balik layar. Yang menarik ketika sebuah perusahaan memilih menggunakan nama domain yang aneh dan dampak yang ditimbulkan dari pemilihan nama tersebut.

Organisasi non profit yang bertanggung jawab dalam mengelola TLD (bernama ICANN) memungkinkan perusahaan di seluruh dunia untuk mengajukan usulan TLD generik baru mulai dari tanggal 12 Januari hingga 30 Mei tahun ini. Usulan ini  berbiaya masing-masing US $185.000 dan lebih dari 1.900 usulan telah masuk, mencakup 1.400 ekstensi TLD unik. Banyak perusahaan mengusulkan TLD yang sama karena pada saat pengajuan usulan, perusahaan tidak dapat melihat nama TLD yang telah diusulkan oleh perusahaan lain. Daftar nama TLD yang diusulkan pun beberapa diantaranya terdengar aneh.

.george

Wal-Mart mengusulkan seri nama TLD: .asda (jarinan supermarket Inggris), .george, .grocery, .samsclub, .walmart. Untuk nama .george merupakan divisi fashion dari Wal-Mart.

.dog people

3 perusahaan mengusulkan nama .dog, termasuk Google. Satu perusahaan mengajukan nama .cat, untuk mempromosikan bahasa Catalan.

.blog vs .book

.blog dan .book bersama-sama diajukan oleh Google, dan pada saat yang sama Amazon juga mengejar .book (bersama dengan .author, .read dan .joy)

.earth

Google dan Interlink (perusahaan Jepang) bersaing untuk kepemilikan .earth

.you

Amazon dan Google ingin memiliki nama .talk to, .you. Selan itu, Google juga menginginkan nama .dad dan .mom dapat dimasukkan.

.sucks

3 perusahaan menginginkan nama .sucks. Salah satunya adalah Dog Bloom LLC, dan nama tersebut dihubungkan dengan sucky glory, walaupun tampaknya perusahaan belum memiliki website.

.wtf

Perusahaan Hidden Way LLC mengusulkan nama .wtf. Tujuh komentar keberatan telah diajukan atas nama TLD tersebut, termasuk diantaranya berasal dari Arab Saudi.

.adult, .sex, dan .porn

Perusahaan dibalik .xxx (ICM Registry) juga mengusulkan nama .adult, .sex dan .porn. 7 perusahaan lain telah mengusulkan nama .love.

.football kurang populer dibandingkan dengan .tennis

.football hanya diajukan oleh 2 perusahaan, akan tetapi .tennis menerima 4 pengajuan, demikian dengan .soccer dengan 4 pengajuan, satu untuk .futbol, 3 untuk .rugby, 3 untuk .basketball, dan 2 pengajuan untuk .baseball.

.app

13 perusahaan berbeda menginginkan nam TLD .app, membuat nama TLD ini menjadi lebih populer. Namun, tidak ada satu perusahaan pun yang mengajukan .apps, .appstore, atau .application.

Untuk daftar nama TLD dapat dilihat di icann.org 
Via: Mental Floss

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s