Diblokir, Bos Google Protes Cina Lewat Twitter

Posted: 19 Februari 2013 in Artikel

Diblokir, Bos Google Protes Cina Lewat Twitter

Lee Kai-fu, mantan Kepala Divisi Google di Cina mengundang 30 juta pengikutnya di jejaring sosial Weibo untuk mengikuti kicauannya di Twitter. Oa memprotes pemerintah Cina yang membredel akun Weibonya. Lee memprotes ketatnya kontrol internet di Cina. “Saya dibungkam di Sini (Weibo) sejak tiga hari lalu, temukan saya di sini,” kicau Lee dalam akunnya @kaifulee.

Akun ini telah diverifikasi oleh Twitter, ia kembali aktif menggunakan akun media sosial ini sejak 17 Februari lalu. Sejak saat itu, pengikutnya melonjak hampir satu juta pengikut dalam waktu sehari.

Jika 30 juta pengikut Lee di Weibo migrasi jadi pengikutnya di Twitter, ia akan menjadi orang keempat paling populer di jejaring sosial yang didirikan Jack Dorsey itu. Tiga teratas adalah Justin Bieber, Lady Gaga, dan Katy Perry.

Tiga puluh juta pengikut Lee di jejaring sosial Weibo amat berharga. Dengan itu, ia bisa sangat mudah membuat kuping pemerintah Cina panas.  “Dengan 30 juta pengikut, efeknya (di Cina) seperti berbicara di stasiun televisi atau radio,” ujar Bill Bishop, konsultan teknologi yang kini bermukim di Beijing.

Cina menerapkan kebijakan ketat mengontrol internet. Google misalkan, diizinkan beroperasi di dunia maya Cina, namun banyak isinya yang disensor. Sementara itu, Twitter diblok di Cina, namun relatif lebih mudah diakali agar masyarakat tetap bisa mengaksesnya.

source

Beri Komentar Disini