Profil Facebook Pengaruhi Pencari Kerja

Posted: 18 Juli 2012 in Unik

BAGI perusahaan yang ingin tahu calon tenaga kerja yang baik, kini dapat memantau kinerja kerja calon pegawainya hanya dari melihat tampilan Facebook mereka. Paling tidak itulah saran dari sebuah studi yang dilakukan Northern Illinois University dan Auburn University.

Dikutip dari laman Mashable, para peneliti merekrut empat kelompok perusahaan pencari kerja profesional. Kemudian mereka melakukan evaluasi profil dari 56 orang pengguna jejaring sosial Facebook. Setiap pengguna FB diteliti selama lebih kurang 10 menit sesuai kebutuhan.

Enam bulan kemudian, peneliti membandingkan hasil evaluasi perusahaan pencari kerja dengan profil 56 pengguna dan menemukan korelasi yang kuat diantaranya. Profil pengguna FB ternyata berpengaruh pada perusahaan saat melakukan perekrutan. Meski yang terlihat tetap dalam konteks yang bersifat umum.

Don Kluemper, Salah satu peneliti mengatakan, profil FB yang memuat foto pencari kerja yang sedang berpesta, akan menjadi referensi bagi perusahaan untuk menolaknya. Jadi bagi anda yang sedang mempersiapkan surat lamaran kerja, bersiap-siaplah untuk mengganti profil FB anda dengan hal-hal yang positif.

Namun meski demikian, Kluemper mengatakan bahwa tidak seharusnya perusahaan menggunakan profil FB untuk menentukan calon pegawai mereka. Karena belum ada penelitian yang cukup, apakah ada korelasi antara profil FB dengan prestasi kerja.

source

Iklan

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s