Mengenal Kode QR Dan Cara Menggunakannya | Barcode

Posted: 10 Oktober 2012 in Artikel

Kode QR sebelumnya digunakan untuk pelacakan kendaraan dibagian manufaktur. Namun seiring waktu, kode QR dipergunakan untuk hal yang lebih luas lagi.

https://i2.wp.com/3.bp.blogspot.com/-aJHHKyJ8Yik/UGw3DOC468I/AAAAAAAAD0Q/Fgk4rvPXFWQ/s1600/kode+qr-barcode.jpg

Dipublikasikan sejak tahun 1994, kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh sebuah divisi Denso Corporation, Denso Wave.

Di Jepang, penggunaan kode QR sudah sangat lazim dilakukan. Kemampuannya yang lebih besar dalam menyimpan data pada kode batang, sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang, dengan kemampuannya membaca hruf kanji.

Kode QR sudah mendapat standarisasi Internasional dan Jepang berupa  ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510, dan telah digunakan secara luas melalui perangkat seluler di Jepang.

Kegunaan Kode QR

Kode QR berfungsi sebagai hipertaut yang bisa menyimpan alamat internet (URL), nomor telpon, SMS dan juga teks yang dapat dipergunakan pada majalah, koran, buku, kartu nama dan juga media lainnya. Dan artikel ini ane tulis setelah melihat seorang teman di Grup Blogger Banua menunjukkan Kode QR untuk Grup di BBM.

Bahkan kode QR ini pernah dipakai untuk menyimpan potongan klip video. hal ini pernah dilakukan kelompok penyanyi asal Inggris, Pet Shop Boys di tahun 2007.

Penggunaan Kode QR

Kode QR bisa digunakan di telpon seluler yang mempunyai aplikasi pembaca kode QR dan tentu saja harus bisa menyambung ke internet, baik melalui wifi, GPRS , 3G dan lainnya. Hal ini untuk menyambung ponsel dengan alamat (situs) yang ada dalam kode QR tersebut.

Pengguna cukup mengaktifkan progranm pembaca kode QR, lalu mengarahkan kamera ponselnya ke arah kode QR. Dan selanjutnya program tadi akan memindai kode QR. Jika didalamnya tercantum alamat internet maka penguna langsung diarahkan ke alamat tersebut tanpa harus mengetikkannya alamat internet tersebut.

Bagi yang hp nya tidak berkamera jangan kuatir, kita masih bisa ikut menikmati kemajuan teknologo kode QR ini. Caranya, buka halaman internet, ketik alamat internet situs yang ingin dituju. lalu tuliskan “ID” atau 7 digit nomor yang tertera dibagian bawah kode QR (wikipedia), lalu tekan “go”. Dan kita pun akan dihantarkan ke konten digital yang diinginkan.

Kelebihan Kode QR

Kode QR mampu menyimpan kode numerik sampai 7.089 karakter, data alphanumerik sampai  4.296 karakter, kode binari sampai 2.844 byte, dan huruf kanji sampai 1.817 karakter.

Banyaknya data yang mampu disimpan dikarenakan kode QR bisa menyimpan data secara vertikal dan horizontal. Walaupun sebagian kode QR rusak atau kotor, kode ini masih bisa berfungsi. Sebab kode ini mampu memperbaiki kerusakan hingga 30%. Tiga buah tanda persebi yang terletak pada sudut kode QR mempunyai fungsi agar kode ini tetap bisa diaca melalui sudut mana saja sepanjang 360 derajat.

Selain berbagai kelebihan diatas, kode QR ternyata juga bisa untuk mengamankan produk makanan. Caranya dengan menyematkan kode QR yang berisi kandungan nutrisi, masa kadaluarsa dan lainnya dikemasan makanan. Sehingga konsumen merasa lebih aman karena bisa mengetahui informasi makanan tersebut secara detil dan lengkap.

Sumber artikel : wikipedia.

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s