Remaja Inggris Berhasil Meluncurkan Kamera ke Ruang Angkasa dan Mengambil Foto Bumi

Posted: 5 Oktober 2012 in Unik

Misi ruang angkasa NASA berbiaya tinggi hingga mencapai jutaan dolar, akan tetapi seorang remaja yang berasal dari Inggris telah berhasil mendapatkan beberapa gambar dari planet Bumi hanya menggunakan kamera yang dibelinya di eBay dan pesawat ruang angkasa buatan sendiri (do it yourself).

Adam Cudworth, remaja berusia 19 tahun hanya menghabiskan 40 jam dan sekitar US $600 untuk mengambil gambar bumi seperti pada foto diatas. Dia meletakkan kamera sederhana Canon A570 dalam sebuah kotak yang terisolasi dengan radio transmitter dan mikroprosesor. Kemudian menggunakan balon untuk mengirim pesawat ke atas ketinggian lebih dari 20 mil dari permukaan bumi. Foto-foto yang dikirimkan dapat menunjukkan kelengkungan bumi.

Diperlukan waktu sekitar dua setengah jam untuk mengangkasa, kemudian Cudworth menggunakan GPS dan pemancar radio untuk menemukan tempat pendaratan sejauh sekitar 30 mil dari rumahnya. Cudworth juga dapat melacak kecepatan dan ketinggian dengan menggunakan papan sirkuit yang terpasang.

Cudworth merupakan seorang mahasiswa teknik di Nottingham University. “Saya tidak memiliki latar belakang astrofisika atau semacamnya”, ujarnya. “Orang-orang mengira apa yang saya lakukan membutuhkan biaya yang sangat mahal, namun saya sudah membuktikan dapat melakukannya dengan biaya sebesar 200 poundsterling.

 

 

 

 

 

Via: Mashable

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s