Rencana Pembuatan “Live Google Earth”

Posted: 5 Oktober 2012 in Artikel

Sebuah proyek ambisius untuk menyiarkan secara langsung video streaming Bumi dari luar angkasa segera mendekati kenyataan. Pada tahun 2013 semua orang di bumi dapat menyaksikan langsung planet bumi dari International Space Station (ISS).

Startup ini akan akan dinamakan UrtheCast (dari Kanada). Kamera pertama seharusnya dapat dimulai pada tahun 2012, akan tetapi perusahaan masih terkendala dengan masalah finansial dan fokus pada dua kamera beresolusi tinggi. Saat ini para astronaut sedang menjalani pelatihan untuk memasang kamera pada ISS. Kamera yang akan dipasang ini dijadwalkan akan selesai dalam beberapa bulan ke depan.

Menurut Ian Tosh, salah satu engineering di perusahaan pembuat kamera RAL Space, satu kamera akan berada dalam posisi tetap sedangkan kamera lainnya akan dapat berputar. Gambar yang dihasilkan nantinya berukuran sekitar 1 meter per pixel, sama dengan ukuran gambar Google Earth.

Pengguna dari seluruh dunia akan dapat masuk ke situs secara gratis dan melihat real time (atau mungkin delay yang sangat pendek) video ini. Hal ini akan memudahkan untuk mencari tahu dimana dan kapan ISS akan terbang di atas tempat kita berada. UrtheCast akan membantu orang-orang untuk merencanakan acara pada saat ISS berada di sekitar kita. Mungkin kita dapat memperoleh gambar pernikahan dari luar angkasa.

Saat ini ISS sudah memiliki kamera, namun digunakan untuk tujuan tertentu. Dengan UrtheCast, siapapun dapat melihat hal-hal yang diinginkan. Perusahaan berencana akan merilis kode dan memungkinkan pengembang membuat aplikasi dengan memanfaatkan video untuk berbagai tujuan. PBB sudah menyatakan minatnya untuk memanfaatkan UrtheCast, yang nantinya akan digunakan untuk memantau kondisi darurat kemanusiaan.

Via: BBC

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s