10 Tips Memilih Antivirus Yang Tepat Bagi OS Anda

Posted: 4 Oktober 2012 in Keamanan Komputer
Deretan produk antivirus yang bermunculan di pasar tentu akan membuat kita bingung dan butuh waktu untuk membandingkan antar masing-masing produk. Berikut tips memilih antivirus yang tepat.

Agar tidak terjebak dengan paket harga murah, promosi, dan lain-lain karena bisa jadi pertaruhannya selain perangkat komputer atau gadget kita, tetapi juga data yang tersimpan didalamnya. Serta kenyamanan, bebas dari rasa khawatir akan infeksi malware.

1. Cakupan Perlindungan
Sebagian besar aplikasi keamanan menerapkan proteksi berlapis, dan keamanan maksimum, beberapa diantaranya juga sangat rapat, dibanding yang lainnya. Antivirus yang baik, selain menerapkan model perlindungan dengan cara lama, untuk mencegah masuknya virus, worm, Trojan dan spyware, juga perlindungan yang lebih canggih untuk mempertahankan diri dari serangan keylogger, phishing scam, email-borne threat dan rootkit. Pada prinsipnya, Perangkat keamanan harus mampu memberi perlindungan dari sebanyak mungkin ancaman.

2. Cukup Efektifkah?
Antivirus adalah perangkat lunak yang melindungi komputer dari segala bentuk serangan. Tetapi perlindungan bukan berarti mengorbankan data dan kinerja komputer bahkan menjadi beban bagi komputer itu sendiri. Antivirus yang efektif, adalah anti antivirus yang bisa bekerja sendiri, melakukan deteksi secara proaktif, tidak boros memory sehingga komputer bisa tetap digunakan untuk bekerja sementara antivirus melakukan fungsinya sendiri. Para pelaku bisnis maupun profesional tentu membutuhkan perangkat antivirus yang efektif.

3. Kemampuan Deteksi
Kemampuan deteksi sebuah software keamanan merupakan fungsi vital bagi software antivirus. Hingga saat ini kemampuan deteksi proaktif, real time dengan false positif yang minim baru dimiliki oleh segelintir produk AV. Advance Heuristice Engine, teknologi yang menjadikannya sebagai Antivirus yang ringan, scanning lebih cepat, dengan false positive yang minim, dan yang paling penting tidak mengganggu kinerja komputer.

4. Proses Instalasi dan Setup yang Mudah
Software keamanan seharusnya tidak menyulitkan user, dan komputer user selalu terproteksi 24/7 mengapa? Karena malware dan virus tidak pernah tidur. Dimulai dari saat download,, kemudian instalasi, sampai pada scanning pertama. Proses implementasi software antivirus mestinya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

5. Fitur yang Tersedia
Rangkaian fitur yang tersusun akan membuat fitur pada software tersebut mudah digunakan dan tidak menyesatkan. Fitur yang lebih lengkap menjadikan user lebih merasa aman, dan terlindungi, karena ada banyak aspek yang diproteksi baik saat user bekerja, bermain game online, proteksi untuk anak-anak.

6. Real Time Update
Aplikasi keamanan berada pada puncak kinerja yaitu saat setelah mendapatkan update terbaru, termasuk signature dari virus-virus yang telah teridentifikasi dan akan tersimpan di database signature. Sehingga daftar definisi virus harus selalu terupdate. Kini, perangkat keamanan antivirus modern, telah dilengkapi dengan update otomatis, dan real time. Sehingga sebelum virus masuk ke komputer Anda, update tersebut akan masuk lebih cepat dan saat itu juga memproteksi laptop Anda dari serangan yang baru. Antivirus yang baik akan meminta Anda melakukan update sesaat setelah update tersedia.

7. Layanan Paska Pembelian
Perangkat antivirus yang dapat diandalkan pasti akan melengkapi aplikasinya dengan dukungan dan bantuan manual penggunaan, troubleshooting dan dukungan lainnya yang dibutuhkan. Untuk kita di Indonesia maka dukungan teknis berbahasa Indonesia tentu akan sangat membantu, maka keamanan yang diperoleh tidak hanya keamanan oleh software itu sendiri, ketersediaan bantuan teknis, dan manual trouble shooting juga akan menyelamatkan user manakala terjadi masalah.

8. Aksesibiltas Bantuan Teknis
Kemudahan menjangkau dukungan teknis juga menjadi pertimbangan penting, karena jika dukungan tersebut ada, tetapi tidak bisa dijangkau, maka akan percuma. Oleh sebab itu pertimbangkan juga bagaimana menjangkau dukungan teknis, dan apakah bantuan teknis tersebut bisa mudah dipahami, apakah bisa dijangkau dengan telepon, e-mail, chatting dan bagaimana layanan bantuan tersebut diberikan termasuk bahasa pengantar yang digunakan.

9. Referensi dan pengakuan
Pengakuan dari pihak lain yang independen atas sebuah produk juga patut dijadikan sebagai referensi kita dalam menentukan antivirus yang akan kita pilih. Pihak independen tersebut haruslah yang memiliki reputasi internasional, diakui oleh kalangan industri IT khususnya disektor keamanan. Terdapat banyak organisasi independen yang memberikan review berkala terhadap produk antivirus seperti VB100, AVComparatives, Avtest, dll tidak ketinggalan juga Gartner-lembaga research internasional untuk sektor IT dan Security.

10. Perlindungan antar sistem operasi
Fasilitas tersebut adalah kemudahan bagi user yang menggunakan lebih dari satu sistem operasi di satu komputer yang sama. Hanya dengan menginstall satu antivirus, user akan bisa memproteksi OS tersebut yang terinstall di laptopnya.

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s