Fitur Baru Google – Voice Search

Posted: 4 Oktober 2012 in Artikel
Google meluncurkan sebuah fitur baru yang bertujuan untuk lebih “memahami maksud Anda” ketika melakukan pencarian. Fungsi Voice Search merupakan bagian dari update aplikasi standard Google Search. Fitur tersebut lebih berfokus pada memberikan jawaban yang Anda butuhkan secepat mungkin, daripada sebuah pencarian mendetil. Serupa dengan pembicara wanita yang sudah meluncur lebih dulu dalam iOS, yakni Siri.

Anda bisa ucapkan permintaan pencarian (tanpa perlu mengetik) lalu ia akan menunjukkan halaman hasil pencarian standard. Sehingga Anda tidak perlu memburu satu jawaban dari jutaan jawaban yang biasanya mencuat di Google. Google Voice Search memungkinkan Anda untuk berbicara secara alami tanpa harus mengubah kebiasaan berbicara normal Anda dan tanpa menggunakan perintah khusus guna memahami apa yang Anda maksud. Beberapa contoh pertanyaan dalam video demo Google mirip dengan Siri Apple, termasuk “Berapa banyak orang yang tinggal di Cape Cod?” dan “Bagaimana cuaca di Yarmouth?”.

Fitur Voice Search sudah tersedia untuk Android. Google mengatakan kalau umpan balik sejauh ini cukup positif. Bukan hanya di Android, fitur tersebut juga akan hadir di iOS. Namun beberapa orang meragukan apakah Apple bahkan akan menyetujui update aplikasi Google Search itu sendiri. Karena secara teknis, komponen Voice Search memang menyalin (duplikat) fungsi iOS yang ada, dan Apple kerap menolak aplikasi serupa untuk masuk di App Store. Nah, apakah Apple juga akan menolak Google Voice Search?

Sepertinya ada kesempatan kecil kalau Apple ekan mengizinkannya. Karena Voice Search hanya satu fitur kecil dalam keseluruhan aplikasi Google Search yang telah banyak digunakan pengguna iPhone. Jadi tingkat kesadaran pengguna tidak akan sama dengan Siri yang notabene satu aplikasi tunggal yang berdiri sendiri.

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s