Microsoft dan Yahoo Bantu Mozilla “Memalak” Google

Posted: 28 Juli 2012 in Artikel

Google dikabarkan harus menggelontorkan dana sebesar 300 juta dollar AS (atau sekitar Rp 2,7 triliun) per tahun untuk “mengikat” browser besutan Mozilla, Firefox.

Beberapa hari yang lalu, Google mengumumkan perpanjangan kontrak kerja sama dengan Mozilla untuk browser Firefox.  Dengan kontrak ini, Google berhak menjadi mesin pencari default di browser Firefox.

Sebelum kontrak itu disepakati, kesan yang didapat adalah hanya pihak Mozilla yang was-was bila kontrak tersebut batal. Karena bila Google tidak memperpanjang kontraknya, pendapatan Mozilla hanya tinggal 19,7 juta dollar AS. Perhitungan ini hanya untuk 2010, tahun ini tentu angkanya akan lebih kecil lagi.

Ternyata tak hanya Mozilla yang cemas, Google yang seakan berada di atas angin juga mengalami hal yang sama. Karena dalam waktu yang sama, Microsoft dan Yahoo ikut mencoba menggoda Mozilla, dengan tujuan agar Bing dan Yahoo Search bisa menjadi mesin pencari default di Firefox.

Seperti yang dikabarkan AllThingsD, masuknya dua raksasa TI ini membuat harga kontrak Google dan Mozilla menjadi melambung tinggi. Google akhirnya rela membayar Mozilla sebesar 300 juta dollar AS per tahun untuk kontrak tiga tahun ke depan.

Mozilla sepertinya harus berterimakasih kepada Microsoft dan Yahoo atas keberhasilan meraup kontrak dengan nilai yang sangat besar dari Google ini.

source

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s