11 Paten Apple dan Microsoft yang Dilanggar Android

Posted: 28 Juli 2012 in Artikel

Sistem operasi mobile besutan Google, Android, dan para produsen ponselnya kerap terlibat dalam kasus hukum sengketa hak paten. Yang paling santer terdengar adalah perang paten antara Apple dan Samsung, yang berlangsung sejak 2010 di sejumlah negara.

Bukan hanya Apple yang sering menggugat, perusahaan software Microsoft pun beberapa kali menggugat produsen Android.

Sebenarnya, paten apa saja yang dipermasalahkan Apple dan Microsoft? Seorang aktivis hak kekayaan intelektual, Florian Mueller, yang memiliki blog paten teknologi FOSS Patent, membuat daftar 11 paten Apple dan Microsoft yang dianggap dilanggar oleh Android.

1. Patent EP2059868: Portable electronic device for photo management

Ini merupakan paten yang menjelaskan tentang metode geser jari untuk melihat foto-foto di Gallery. Dengan paten ini, Apple menggugat Samsung di Pengadilan Kota Den Haag, Belanda, pada 24 Agustus 2011. Apple juga menggugat Motorola Mobility di Pengadilan Daerah Munich, Jerman, pada Maret 2012.

2. U.S. Patent No. 7,469,381: List scrolling and document translation, scaling, and rotation on a touch-screen display

Pengguna Android tentu pernah menggunakan aplikasi e-mail yang jika ingin me-refresh pesan, bisa dilakukan dengan cara menggulirkan jari ke arah bawah layar sentuh smartphone. Dengan cara ini, pesan-pesan terbaru akan muncul.

Paten ini sebenarnya dimiliki oleh Apple, dan Samsung disebut menggunakannya tanpa izin. Proses peradilan soal paten ini berlangsung di Pengadilan Distrik California Utara, Amerika Serikat, dan menyatakan Samsung melanggar paten tersebut pada 2 Desember 2011.

3. U.S. Design Patent No. D618,677: Electronic device

Ini merupakan paten umum yang terkait desain iPhone. Apple berkali-kali menyebut smartphone dan tablet keluarga Galaxy menyontek desain iPhone dan iPad. Perang paten soal desain berlangsung sejak 2 Desember 2011 di Pengadilan Distrik California Utara, Amerika Serikat.

4. U.S. Patent No. 5,946,647: System and method for performing an action on a structure in computer-generated data

Pernahkah Anda menerima pesan berisi nomor kontak? Ketika nomor tersebut disentuh, Anda akan diantar ke menu untuk melakukan panggilan telepon.

Nah, paten ini adalah milik Apple, yang kemudian dilanggar Samsung dan HTC. Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat menyatakan HTC melanggar paten, 19 Desember 2011. Pengadilan San Jose, California, juga menyatakan hal serupa terhadap Samsung pada 29 Juni 2012.

5. EP1964022: Unlocking a device by performing gestures on an unlock image

Membuka kunci layar dengan cara menggeser jari dari kiri ke kanan adalah cara yang lebih dulu digunakan iPhone dan telah dipatenkan oleh Apple. Bermodal paten ini, Apple menggugat Motorola Mobility di Pengadilan Daerah Munich, Jerman, pada 16 Februari 2012.

6. U.S. Patent No. 6,370,566: Generating meeting requests and group scheduling from a mobile device

Setiap kali Anda membuat janji di kalender dari perangkat mobile, dan aplikasi kalender tersebut mengirim notofikasi bahwa Anda memiliki janji pada hari yang telah ditentukan, maka Anda telah menggunakan paten Microsoft.

Motorola menggunakan paten tersebut tanpa seizin Microsoft. Pada 18 Mei 2012, Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat sempat melarang pengiriman smartphone Android Motorola ke AS.

7. EP1304891: Communicating multi-part messages between cellular devices using a standardized interface

Paten ini mengatur cara mengirim pesan berisi lebih dari 160 karakter. Berkat Microsoft, pengiriman pesan yang berisi lebih dari 160 karakter bisa dilakukan satu kali dan tidak terpotong-potong.

Apple telah membayar royalti atas penggunaan paten ini. Namun, Motorola tidak membayarnya hingga Microsoft menggugatnya di pengadilan Daerah Munich, Jerman, pada 24 Mei 2012.

8. U.S. Design Patent No. D504,889: Electronic device

Ini merupakan paten umum terkait desain tablet iPad. Pada 27 Juni 2012, Pengadilan Distrik California Utara mengabulkan tuntutan Apple untuk melarang penjualan Galaxy Tab 10.1.

Gugatan Apple yang menuding Galaxy Tab 10.1 menyontek desain iPad, juga digelar di Pengadilan Düsseldorf, Jerman, pada pertengahan 2011.

9. U.S. Patent No. 8,086,604: Universal interface for retreival of information in a computer system

Paten ini mengacu pada pencarian informasi dengan perintah suara seperti fitur Siri di iPhone 4S. Apple menggugat Samsung pada 29 Juni 2012 karena smartphone Galaxy Nexus menggunakan paten ini. Hal inilah yang menyebabkan smartphone buatan Samsung dan Google itu belum terjual bebas di AS hingga saat ini.

10. U.S. Patent No. 8,046,721: Unlocking a device by performing gestures on an unlock image

Ini adalah paten tentang fitur slide-to-unlock milik Apple. Setelah menggugat Motorola dengan paten ini, kini giliran smartphone Samsung Galaxy Nexus yang digugat. Pada akhir Juni 2012, Pengadilan Distrik California Utara menyatakan, Samsung dan Google melanggar paten ini.

11. U.S. Patent No. 8,074,172: Method, system, and graphical user interface for providing word recommendations

Paten milik Apple yang mengatur tentang autocorrect, sebuah fitur rekomendasi kata saat pengguna sedang mengetik pesan. Dalam penggunaannya di smartphone Galaxy Nexus, Pengadilan Distrik California Utara memutuskan bahwa Samsung dan Google melanggar paten tersebut.

source

Komentar

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s