Teleskop James Webb, Teleskop Ruang Angkasa Masa Depan

Posted: 9 Oktober 2012 in Unik

Laboratorium Ball Aerospace Teleskop James Webb

Teleskop James Webb adalah sebuah teleskop yang akan digunakan untuk mendeteksi cahaya dari galaksi yang sangat jauh dan akan menggantikan teleskop Hubble dan teleskop Spitzer. Teleskop James Webb memiliki 21 cermin dengan 18 bagian cermin utama dengan ukuran diameter 6,5 meter pada cermin utama. Cermin terbuat dari berilum ringan dan memiliki kestabilan pada temperatur cryogenic. Setiap cermin ini dilapisi dengan emas seberat 0,12 ons.

 

Teleskop James Webb TestingNasa engineering Ernie Wright sedang melakukan perisapan pengujian cryogenic bertempat di NASA Marshall Space Flight Centre. Photo Source

 

Kombinasi fitur-fitur ini akan memberikan jangkauan dan resolusi yang lebih luas, memungkinkan untuk melakukan dua tujuan penelitian ilmiah: mempelajari kelahiran dan evolusi galaksi, serta pembentukan bintang dan planet. James Webb diharapkan akan dapat menjadi observatorium ruang angkasa yang akan mempelajari setiap fase dalam sejarah alam semesta, mulai dari cahaya pertama setelah Big Bang, dan pembentukan sistem tata surya yang mendukung kehidupan planet seperti bumi.

 

Komponen Cermin Teleskop James WebbSelama pengujian cryogenic, cermin akan dipanaskan dalam suhu -415 derajat Fahrenheit. Photo Source 

 

Northrop Grumman Aerospace Systems Corp adalah kontraktor urama pada proyek teleskop James Webb dan telah menunjuk Ball Aerospace sebagai pengembang, desainer, produksi, integrasi dan penguji untuk sistem optik pada teleskop James Webb.

 

Checking Teleskop James Webb

Setiap cermin diperiksa dan kemudian disimpan untuk selanjutnya dirakit. Photo Source

 

Teleskop James Webb dirancang sejak tahun 1996 dan merupakan kolaborasi internasional dari 17 negara yang dipimpin oleh NASA. Nama teleskop ini diambil dari nama James E. Webb, administrator kedua NASA yang memiliki peran besar dalam misi Apollo.

 

Lapisan Emas pada Teleskop James WebbCermin-cermin utama dilapisi dengan emas. Photo Source

 

Pada tahun 2011 Kongress Amerika Serikat pernah melakukan kajian yang akan membatalkan proyek teleskop James Webb setelah menelan dana sebesar 3 miliar dolar AS dan lebih dari 75 persen perangkat keras telah diproduksi dan dalam tahap pengujian. Akan tetapi, pada bulan November 2011 Kongres Amerika Serikat membatalkan rencana tersebut dan akan memberikan dana tambahan untuk menyelesaikan proyek teleskop ini dengan total rencana anggaran sebesar 8 miliar dolar AS.

 

Teleskop James Webb Testing Kabel

Kabel-kabel yang digunakan untuk mendukung pengujian teleskop James Webb. Photo Source

 

Pada tanggal 17 September 2012, komponen cermin telah dikirim dari laboratorium Ball di Boulder Colorado menuju NASA Goddard Space Flight Center, Maryland dimana teleskop ini akan dirakit. Teleskop James Webb direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2018.

 

 

Perbandingan Teleskop James Webb dengan Teleskop HubblePerbandingan Cermin pada teleskop Hubble dan teleskop James Webb. Photo Source

 

Desain Teleskop James Webb

Desain teleskop James Webb. Photo Source 

 

 

 

 

Via: NASA

Komentar
  1. Francesco Banda Jasso mengatakan:

    Thanks a lot for being the lecturer on this area. We enjoyed your own article quite definitely and most of all cherished how you handled the issues I widely known as controversial. You happen to be always quite kind towards readers much like me and help me in my lifestyle. Thank you.

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s