Fuji Gugat Motorola

Posted: 18 Juli 2012 in Artikel

TOKYO– Raksasa elektronik Jepang, Fujifilm  menggugat anak usaha Google, Motorola Mobility atas pelanggaran paten pada aplikasi ponsel dan tabletnya. Upaya itu dilakukan karena upaya negosiasi atas kesepakatan lisensi dengan Motorola gagal dilakukan.

Fujifilm mengklaim bahwa beberapa ponsel dan tablet Motorola telah melanggar  empat paten terkait aplikasi kamera digital dan teknologi fotografi. Keempat paten itu antara lain, tekhnik mengubah warna gambar ke gambar monokrom, paten konektivitas perangkat berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan telepon.

Paten deteksi wajah dalam digital fotografi serta aplikasi untuk proses yang memungkinkan gambar beresolusi tinggi ditangkap oleh sensor gambar guna  ditampilkan pada view finder resolusi rendah. Fuji menuding beberapa handset dan tablet Motorola melanggar beberapa atau semua patennya,  termasuk produk-produk Droid X, Razr, Razr Maxx, Droid Bionic, dan Xoom. Fujifilm pun lantas mengajukan gugatannya di Pengadilan Distrik AS  California karena upaya negosiasi lisensi sebelumnya dengan Motorola gagal.

Raksasa foto Jepang tersebut kemudian memberitahu Motorola pada bulan April 2011 bahwa handsetnya telah melanggar hak paten dan meminta dilakukan negosiasi. Namun sayangnya, pertemuan dengan perwakilan Motorola gagal menghasilkan kesepakatan.

Menurut laman CNET, Motorola Mobility sendiri mencetak kemenangan paten semacam ini akhir bulan lalu ketika seorang hakim federal menolak gugatan Apple atas klaim pelanggaran paten atas iPhone-nya.

source

Iklan

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s