Gauss, Si Pencuri Data Online Banking

Posted: 22 November 2012 in Artikel

foto

Malware berbahaya kembali ditemukan. Gauss, begitu program jahat ini disebut.

Ia memiliki kesamaan dengan Flame, trojan yang memiliki kemampuan mencuri data.

Dikutip dari Mashable, Rabu, 15 Agustus 2012, Kaspersky Lab yang mengidentifikasi malware ini menemukan bahwa Flame dan Gauss memiliki ”DNA” yang sama.

“Keduanya memiliki arsitektur, struktur modul, kode dan komunikasi dengan fungsi Command and Control (C&C) pada server yang serupa,” ujar juru bicara Kaspersky.

Kaspersky menyebutkan bahwa cukup banyak bukti yang mengarahkan bahwa Gauss dan beberapa virus kompleks sebelumnya seperti Stuxnet, Duqu dan Flame didesain oleh pihak yang sama.

Seperti Stuxnet dan Flame, Gauss juga menyerang wilayah Timur Tengah. Gauss merupakan alat cyber-spionase dengan kemampuan mencuri data sensitif seperti password, akun online banking, sistem konfigurasi, dan juga cookies.

Gauss diperkirakan telah diluncurkan sejak September tahun lalu, namun baru berhasil ditemukan pada Juni. Sejak Mei 2012, Gauss telah menginfeksi lebih dari 2.500 perangkat, yang sebagian besar berlokasi di Lebanon.

Diperkirakan total perangkat yang diserang malware ini telah berjumlah puluhan ribu, lebih kecil dari serangan Stuxnet, namun lebih besar dari Flame dan Duqu.

Sejauh ini Gauss telah menggasak data dari Bank Beirut, EBLF, Blombank, ByblosBank, FransaBank, dan Credit Libanais. Pengguna Citibank dan Paypal juga ikut menjadi target serangan.

source

Komentar
  1. I think this is one of the most significant info for me. And i’m glad reading your article. But wanna remark on some general things, The site style is great, the articles is really nice : D. Good job, cheers

  2. I just want to tell you that I am just beginner to weblog and seriously savored you’re web-site. Probably I’m likely to bookmark your blog . You certainly come with good well written articles. Bless you for sharing with us your blog.

  3. I simply want to mention I am new to blogs and definitely savored your web-site. Very likely I’m likely to bookmark your website . You actually come with outstanding stories. Cheers for revealing your web page.

  4. I surely did not realize that. Learnt some thing new these days! Thanks for that.

  5. Odd , your posting shows up with a dark hue to it, what color is the primary color on your web-site?

  6. go berkata:

    Im having a teeny issue. I cant get my reader to pick-up your feed, Im using aol reader by the way.

  7. Have you given any thought at all with translating your current blog into Spanish? I know a several of translaters right here that would help you do it for free if you want to get in touch with me.

  8. of course like your website however you have to check the spelling on several of your posts. A number of them are rife with spelling problems and I find it very bothersome to tell the reality nevertheless I will certainly come back again.

Beri Komentar Disini