Panduan Memilih Flashdisk

Posted: 4 Oktober 2012 in Artikel
Sudah tidak zaman lagi memakai disket untuk menyimpan data yang bisa dibawa kemana-mana. Penggunaan CD atau DVD pun sekarang masih repot karena sulitnya proses burning. Selain itu, CD tidak mudah dalam pertukaran data. Anda harus menghapus atau memformat ulang CD jika ada datanya. Jika mau memasukan data, Anda harus memburn-nya. Intinya disket dan CD sangat repot jika digunakan untuk media pertukaran data.

Melihat hal ini, maka flash disk (atau yang sering orang bilang usb disk) yang bisa memenuhi kebutuhan akan kapasitas dan kemudahan pertukaran data yang portable. Tulisan ini bisa jadi bahan pertimbangan dalam membeli flash disk.

Kapasitas
Hal ini ditentukan oleh jenis user. Jika Anda adalah anak sekolah yang hanya memakai untuk menyimpan tugas-tugas sekolah dan beberapa gambar atau musik, maka kapasitas 256 pun sudah mencukupi. sebagai contoh dan pertimbangan berdasarkan kebutuhan :

1. Anak Sekolah (tugas, musik, gambar) = 1 GB
2. Anak Sekolah (tugas,musik,gambar,download dari internet) = 2 GB
3. Umum (tugas, musik, gambar, download dari internet, design pekerjaan) = 4 GB
4. Umum (tugas, musik, gambar, download dari internet, programming) >= 4 GB
5. Umum (murni kerja di dunia web, design, programming, atau hal serius lain) > 16 GB; disarankan menggunakan hard disk eksternal saja.

Fitur FlashDisk
Jangan terlalu tergiur dengan fitus bawaan dari flash disk. Misalnya, antivirus, program-program kecil, games kecil, dan lainnya. Ini semua bisa didapat dengan mudah tanpa harus membayar lebih dari mereka. Terlebih lagi, umunya program gratis mereka tidak begitu terpakai oleh kita.

Bentuk
Yang paling penting yaitu penutup flash disk. Pilihlah yang tutupnya menyambung pada badan flash disk. Semakin sering Anda membuka tutupnya, akan semakin longgar dia menutup. Sering terjadi tutup flash disk hilang karena sudah lama dipakai. Belilah yang memiliki bentuk sederhana namun menjamin bagian-bagian dari flash disk itu tidak akan hilang, terutama tutupnya.

Garansi
Jangan tergiur pada garansi seumur hidup. Faktanya, jarang ada orang yang datang lagi ke toko tempat ia membeli untuk menagih garansi ketika flash disknya rusak. Mereka cenderung memilih untuk membeli yang baru. Pada dasarnya, semua flash disk bagus. Tentu saja penting melihat apa yang ditawarkan pihak produsen-nya. Namun, jangan terlalu tergiur pada masalah garansi.

Merek
Memang merk memegang peranan, namun sebenarnya yang perlu di perhatikan adalah keamanan dan standarisasi dari produk, lihatlah lebih lanjut pada bungkus flashdiks anda, dan bila perlu cari tau via internet. pilihlah merek yang banyak orang sekitar anda pakai. Jika mereknya jarang didengar, bisa jadi komputer Anda tidak bisa mengenalinya. dan susah mencari driver.

Demikian tips memilih Flashdisk semoga dapat membantu referensi Anda

Beri Komentar Disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s